KUNJUNGAN PESERTA PELATIHAN KEMENTERIA ESDM DI OBJEK WISATA DESA SAMBANGAN

Administrator 23 Juni 2022 09:45:18 WITA

Selamat Pagi, kemaren 22 Juni 2022.

Pemerintah Desa Sambangan menerima kunjungan peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM. Pendidikan dan Pelatihan dan
Sertifikasi Pemandu Geowisata di Provinsi Bali khususnya Kabupaten Buleleng oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi Mineral dan Batubara (PPSDM Geomierba), dalam kunjungan ke Desa Sambangan, peserta pelatihan mengunjungi 2 objek wisata yaitu objek wisata Air Terjun Tembok Barak dan Objek Wisata Air Terjun Aling-Aling. Kunjungan ini dilaksanakan mengingat potensi wilayah dan daerah sambangan merupakan  daerah yang berdampingan dengan gunung api purba yaitu Gunung Batukau, Gunung Lesung, yang berada disekitar areal danau Beratan, Buyan dan Tamblingan. 

Secara umum geologi kawasan TWA Danau Buyan-Danau Tamblingan terdiri dari 4 formasi geologi yang dominan, yaitu bentuk topografi dari miring sampai dengan terjal. Pada bagian Barat dan Selatan kawasan merupakan tutupan endapan batuan muda vulkanik yang melereng, sedang  pada daerah dataran tinggi berasal dari batuan andesit, basal, tephra halus/kasar dan recent vulkanik akibat kegiatan/aktivitas dari hasil letusan gunung api purba Batukau, Lesung dan Pawon pada zaman kuarter tengah. Sedangkan pada bagian Timur, yaitu pada bagian pengelengan dan sekitar Danau Beratan berasal dari material vulkan gunung api Buyan-Beratan dan Batur, pada daerah rendah terdiri dari endapan. Berdasarkan dengan data tersebut, bentukan tanah dan batu yang terdapat di wilayah sungai banyumala yang terdapat Objek  wisata Air Terjun Tembok Barak dan Objek Wisata Air Terjun Aling-Aling memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri di setiap objek wisatanya.

 

 

 

Komentar atas KUNJUNGAN PESERTA PELATIHAN KEMENTERIA ESDM DI OBJEK WISATA DESA SAMBANGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sambangan

tampilkan dalam peta lebih besar