PERPISAHAN KKN UNUD TAHUN 2023

Administrator 28 Agustus 2023 10:33:28 WITA

Pelepasan dan penerjunan mahasiswa dan DPL KKN PPM Periode XXVII, KKN Tematik Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, dan KKN Tematik Infrastruktur PUPR Universitas Udayana (Unud) 2023 yang mengambil tema "Kerja Nyata Mengabdi Untuk Negeri, Bangkitkan Ekonomi dan Kesehatan Berkualitas" bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Unud Kampus Jimbaran, Jumat (14/7/2023). Sebanyak 4.116 mahasiswa peserta KKN Periode XXVII dari 13 Fakultas dilepas langsung oleh Rektor Unud yang akan disebar di 264 Desa lokasi KKN di 8 Kabupaten di Bali. Kegiatan KKN ini akan dimulai pada 15 Juli sampai dengan 27 Agustus 2023.

Ketua LPPM Unud Prof. I Nyoman Suarsana menyampaikan KKN merupakan kegiatan akademik dari aspek Pendidikan yang pelaksanaanya dikelola dalam bentuk pengabdian. Jadi KKN merupakan kegiatan intrakulikuler yang memadukan Pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dalam kegiatan KKN mahasiswa diberi pengalaman belajar dan bekerja diluar kampus dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Bagi mahasiswa KKN ini akan menjadi pengalaman baru, melihat dan mengalami langsung fakta nyata di desa. Sangat menarik dan menjadi tantangan tersendiri karena akan ada pertemuan antara teori dan fakta atau kasus dilapangan.

LPPM dan panitia KKN telah mempersiapkan model KKN Tematik dengan tema KKN Tematik Literasi dan Inklusi Keuangan bekerjasama dengan OJK; kemudian KKN Tematik Infrastruktur bekerjasama dengan kementerian PUPR. Selain KKN PPM reguler, KKN periode ini mencoba untuk mengintegrasikan dengan desa dimana desa tersebut menjadi lokasi kegiatan penerima manfaat hibah skim PUM yang dilakukan oleh dosen Unud.

"Kepada seluruh mahasiswa peserta KKN kami dari LPPM dan panitia KKN berpesan agar senantiasa menjaga nama baik Unud di lingkungan masyarakat. Juga berharap melalui kegiatan KKN ini para mahasiswa dapat beradaptasi dengan cepat dan berkomunikasi secara baik dengan masyarakat. Bekerjalah maksimal dan berikan yang terbaik kepada masyarakat desa," ujar Prof. Suarsana.

Harapannya KKN secara substantif bermanfaat bagi masyarakat, untuk itu agar ditunjukkan kualitas sebagai mahasiswa Unud yang berbobot. KKN PPM XXVI ini harus berdampak kepada masyarakat, yang dapat dilihat dengan perbedaan saat sebelum dan sesudah pelaksanaan KKN yang memberikan manfaat bagi Desa. Melalui KKN PPM ini harus dapat memberdayakan masyarakat. Program yang dilakukan agar menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi di desa tersebut.

Dalam Pelaksanaan KKN Mahasiswa UNUD di Desa Sambangan, beberapa program sudah baik dan bisa diselenggarakan di Desa Sambangan. Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan kegiatan Perpisahan dan pengembalian Mahasiswa KKN UNUD yang dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Sambangan. Dalam kesempatan ini juga, kegiatan perpisahan ini dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Sambangan, serta dalam penyampaiannya Perbekel Desa Sambangan mengucapkan terimakasih sudah melaksanakan Kerja KUliah Nyata di Desa Sambangan, dan beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat sudah dilakukan di Desa Sambangan, semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat kami di Desa Sambangan.

Komentar atas PERPISAHAN KKN UNUD TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sambangan

tampilkan dalam peta lebih besar