Sosialisasi KIE Program Bangga Kencana, BKKBN dan Komisi X DPR RI Cegah Stunting Dari Hulu

Administrator 28 Agustus 2023 09:17:48 WITA

 BKKBN dan Komisi X DPR RI gencar melakukan sosialisasi dan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) Program Bangga Kencana. Tujuannya untuk menekan angka stunting di Indonesia, termasuk Bali. 

Anggota Komisi X DPR RI, Ketut Kariasa Adnyana mengatakan mencegah stunting sebenarnya tidak sulit. Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan cara tidak hamil terlalu tua, tidak hamil terlalu muda, tidak hamil terlalu dekat, dan tidak hamil terlalu banyak.

Saat ini, BKKBN tidak lagi berjuang mengendalikan jumlah penduduk, namun lebih pada meningkatan kualitas penduduk. 

Pencegahan stunting menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penduduk. Sehingga pada tahun 2045 mendatang, Indonesia memiliki generasi yang berkualitas. 

Stunting bukanlah suatu penyakit, melainkan akibat dari kekurangan gizi kronis dan infeksi berkepanjangan. Seperti kanker, stunting juga memiliki stadium atau tahapan.

 

"Stadium satu itu ketika berat badan tidak naik. Datang ke faskes terdekat, nanti dicek, kalau tidak ada penyakit akan diintervensi dengan pemberian makanan tambahan (PMT) selama 2-6 minggu, nanti dicek lagi," ungkapnya. 

"Stadium dua itu ketika berat badan justru turun. Stadium tiga itu ketika perkembangan di bawah standar. Untuk stadium I, II, III itu intervensinya sama. Stadium IV itu bukan beratnya lagi tapi gizinya. Kalau kurang gizi, intervensinya 4-8 minggu. Nah untuk stadium V itu masuk gizi buruk, dan harus mendapat perwatan,"

Jika sudah terlanjur stunting, maka tidak bisa tertolong. Untuk itu, upaya pencegahan stunting memang sangat diperlukan. Mulai dari menjaga kesehatan para remaja, hingga memastikan 1000 hari kehidupan berjalan baik. 









Komentar atas Sosialisasi KIE Program Bangga Kencana, BKKBN dan Komisi X DPR RI Cegah Stunting Dari Hulu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sambangan

tampilkan dalam peta lebih besar